Senam Osteoporosis

Banyak orang tidak menyadari kalau osteoporosis atau penyakit keropos tulang merupakan pembunuh tersembunyi (silent killer).

 

Penyakit ini hampir tidak menimbulkan gejala yang jelas. Sering kali osteoporosis diketahui justru ketika sudah parah. Contoh kasus seorang terpeleset ringan, ternyata mengalami patah tulang di tulang pangkal paha atau di pergelanganan tangan.

Tidak heran, banyak ahli mengatakan untuk menghindari osteoporosis tidak bisa dilakukan sekali saja, tetapi harus melalui proses yang dimulai dari pencegahan sejak dini. Karena patah tulang yang dialami seseorang saat ini, sebetulnya tidak lepas dari kebiasaan masa lalu. Misalnya, kurang mengkonsumsi kalsium, jarang berolahraga, tidak mengkonsumsi gizi seimbang, dan mengisi kegiatannya dengan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Pola makan dan hidup seperti itu bisa mendorong terjadinya osteoporosis.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan osteoporosis? Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah retak atau patah.

Kendati osteoporosis dikenal sebagai penyakit silent killer, tidak berarti kedatangannya tidak bisa diantisipasi. Osteoporosis sebenarnya bisa dicegah, tetapi dengan beberapa persyaratan. Untuk mencegah osteoporosis, maka kebiasaan merokok, minum kopi, alkohol dan soft drink harus dikurangi. Sebaliknya harus membiasakan mengkonsumsi makanan mengandung kalsium tinggi seperti teri, udang rebon, kacang-kacangan, tempe atau minum susu. Kenapa harus mengonsumsi kalsium? Karena kalsium merupakan elemen mineral yang paling banyak dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Tetapi, yang perlu diingat dalam mencegah osteoporosis, gizi saja tanpa dibarengi oleh latihan fisik ternyata tidak cukup. Untuk itu ada senam osteoporosis untuk mencegah dan mengobati terjadinya pengeroposan tulang. Daerah yang rawan osteoporosis adalah area tulang punggung, pangkal paha dan pergelangan tangan.

Prinsip latihan fisik untuk kesehatan tulang adalah latihan pembebanan, gerakan dinamis dan ritmis, serta latihan daya tahan (endurans) dalam bentuk aerobic low impact. Semua jenis latihan ini telah dikemas dalam bentuk Senam Pencegahan Osteoporosis dan Senam Terapi Osteoporosis. Bentuk kedua jenis senam ini berbeda, karena diperuntukkan bagi kelompok yang berbeda pula, dengan sangat memperhatikan faktor manfaat dan keamanan bagi para pesertanya. Selain manfaat kesehatan tulang, para peserta pasti akan merasa lebih segar dan bugar. Senam ini dikhususkan bagi para peserta usia dewasa dan lanjut usia baik pria maupun wanita.

 

FASILITAS SENAM OSTEOPOROSIS RS. MEDISTRA

 

Terdiri dari :

1. Kelas : Pencegahan Osteoporosis

  • Setiap hari Sabtu, Pk 08.00 – 09.00

2. Kelas : Terapi Osteoporosis

  • Setiap hari Sabtu, Pk 09.00 – 10.00

3. Tempat pelaksanaan : gedung pertemuan lantai 6 gedung A RS. Medistra.

 

Syarat :

  1. Calon peserta mendaftar ke Bagian Rehabilitas Medis RS. Medistra , telp 5210 200 pesawat 615, Pk 08.00- 16.00 dengan Sdri Debby/ Sdri. Siti / Sdri. Sofie atau dengan mengisi formulir yang disediakan di counter-counter yang ada di RS. Medistra.
  2. Pelaksanaan kelas senam osteoporosis ada di bawah pengawasan Dokter Spesialis Rehabilitas Medis RS. Medistra dengan tenaga pengajar fisioterapis dari RS. Medistra.
  3. Dokter Spesialis Rehabilitas Medis melakukan penilaian awal untuk menentukan kelas senam osteoporosis mana yang dapat diikuti oleh calon peserta.
  4. Peserta mendaftar lebih dahulu ke bagian pendaftaran lantai 1 A dan menyelesaikan biaya administrasi di kasir lantai 1 A Perlengkapan bagi peserta: pakaian olahraga dan sepatu olahraga.


 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.